TANTANGAN WIRAUSAHA SOSIAL ASIA 2016

Perihal Kompetisi

Membangun sebuah ekosistem kewirausahaan sosial

Tantangan Wirausaha Sosial Asia adalah sebuah kompetisi untuk seluruh Asia dalam bidang wirausaha sosial, dan terbuka untuk semua masyarakat. Kompetisi ini di selenggarakan oleh NUS Enterprise bermitra dengan DBS Foundation. Tantangan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendukung usaha baru yang berpotensi untuk menghasilkan dampak sosial yang positif, terjangkau dan berkelanjutan.

Dengan waktu lebih dari lima bulan, tantangan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kewirausahaan sosial dan membangun komunitas wirausaha sosial yang kuat dan ahli  di seluruh Asia. Tantangan ini juga memberi dukungan multi dimensi untuk wirausahawan sosial pemula dan membangun kapasitas melalui pendidikan umum dalam wirausaha sosial.

Dengan di adakan lokakarya di seluruh Asia, peserta akan dibantu dan di bimbing oleh beberapa ahli yang sudah berpengalaman dalam bidang ini. Selanjutnya, para peserta yang memenuhi syarat akan berkesempatan untuk ke Singapura untuk mendapatkan bimbingan dan pelatihan dari para ahli, sebelum  masuk ke babak semi final dan final. Tantangan ini akan diakhiri dengan acara penghargaan bergengsi pada Agustus 2016.

Dengan platform pembelajaran yang khusus dan jaringan bermakna serta meningkatkan kepedulian dan memberi dukungan kepada wirausahawan sosial pemula, Tantangan Wirausaha Sosial akan meningkatkan dampak dari para pemenang untuk memecah kan masalah sosial yang sangat mendesak di masa kini.

 Hadiah

Hadiah total dari kompetisi ini adalah S$100,000 (Seratus ribu dollar Singapura). Para finalis dan pemenang juga akan menerima dukungan pasca kompetisi dari Impact Partnersantara lain termasuk bimbingan, lokakarya atau bantuan pendanaan selanjutnya.

Kriteria Peserta

Tidak ada batas umur, kewarganegaraan atau jumlah peserta dalam satu tim.Usaha-usaha yang telah menerima investasi luar dari pemberi modal usaha, investor swasta, pemerintah atau sumber industri pada saat registrasi dapat ikut serta, dengan syarat total dana (termasuk modal yang sudah disetor, hibah, pinjaman dan pendanaan yang lain nya) tidak melebihi US$ 1 juta (Satu juta dollar Amerika).

Usaha yang diusulkan harus dapat menunjukkan dampak social yang positif, berkelanjutan, dan terukur di Asia (walaupun tidak secara eksklusif).Yayasan nirlaba dapat ikut serta, dengan syarat pengajuan sebuah gagasan usaha baru atau sebuah rencana baru untuk merubah operasi yayasan nirlaba tersebut menjadi sebuah bisnis yang berkelanjutan secara finansial.Proposal harus merupakan karya orisinil dari tim.

Tim diharapkan dapat menunjukkan ide orisinil pada tiap kesempatan, atau bukti dari inovasi tersebut.Tim yang terpilih dalam 12 besar harus mengutus setidaknya salah satu dari tim inti untuk menghadiri babak semifinal dan final di Singapura. Bantuan dana akan diberikan kepada para tim yang tidak berdomisili di Singapura.Pihak penyelenggara Kompetisi ini memiliki hak untuk mendiskualifikasi para tim yang diketahui melanggar peraturan kompetisi tersebut.

Pedoman Pendaftaran

Pada putaran pertama, pendaftaran sudah harus diterima pada tanggal 15 Mei 2016. Peserta harus menyerahkan formulir pendaftaran beserta kuesioner dan video yang berdurasi dua menit yang menunjukkan ide wirausaha sosial tersebut. Video merupakan pilihan.

Sesudah pengumuman tim 12 besar pada tanggal 14 Juli, tim yang berhasil akan diminta untuk menyerahkan rincian rencana bisnis secara on line. Harap diperhatikan periode kompetisi di bawah ini.

Pelaksanaan Kompetisi

TanggalKegiatanKeterangan15 Marey, 2016BABAK PERTAMA: Pendaftaran dibuka 15 Maret – 15 Mei 2016Lokakarya SESerangkaian lokakarya akan di laksanakan di seluruh Asia dimana para wirausahawan sosial pemula akan didukung dengan alat peraga, uji coba dan mendapat saran-saran atas ide mereka dengan bantuan dari para pembimbing15 Mei, 2016Batas waktu terakhir untuk pengajuan aplikasiPara tim harus meyerahkan formulir pendaftaran dan video yang berdurasi 3 menit yang menunjukkan ide usaha sosial tersebut.

Video ini merupakan pilihan.14 Juli, 2016Pengumuman tim 12 besar 22 Juli 2015 dan seterusnyaBimbingan dari para mitra setempatSesi perorangan dengan para ahli di bidangnya dari berbagai negara12 Agustus, 2015Batas waktu terakhir untuk pengajuan perencanaan bisnisPerencanaan bisnis agar di ajukan secara on line18 -26 Agustus 2016 Bimbingan dan pelatihanPara semifinalis di luar negeri akan diterbangkan keSingapura untuk bimbingan dan pelatihan yang akan di berikan oleh paraahli Babak semifinal dan finalPresentasi tatap muka dengan panel para juri Konferensi dan Penyerahan HadiahPengumuman para pemenang dan penyerahan hadiah

 TANTANGAN WIRAUSAHA SOSIAL ASIA 2015

 Kriteria Penilaian

Nilai Proporsi yang Menarik (20%)Keterangan yang jelas, solusi teknikal yang layak untuk sebuah masalah sosial yang telah di identifikasiInnovasi dalam produk, jasa, atau model bisnisPosisi pasar yang jelas dan diferensiasi dari para pesaingBukti validasi* dari masalah kebutuhan/sosial dan solusi nya.

*Bukti validasi adalah bukti dari pelanggan/ pengguna jasa/ saran-saran dari target masyarakat penerima yang mendukung asumsi dari masalah yang telah teridentifikasi dan solusi yang ditawarkan dapat mengatasinya.

Dampak sosial (20%)Mempunyai dampak tinggi proporsi nilai sosial, secara mendalam (luasnya masalah yang diatasi) atau luasnya (yang dicapai).Secara aktif melibatkan dan bekerja sama dengan masyarakat untuk mengatasi masalah sosialPerencanaan yang layak untuk mengukur dengan jelas dan mengevaluasi dampak sosialProporsi nilai sosial yang sejalan dengan model bisnis; skala dampak sebagai skala usaha Potensi Pasar (20%)Ukuran pasar yang layakIdentifikasi target pelanggan yang jelas dan penerima manfaat serta cara untuk menjangkau merekaDapat terukur dari segi geografis dan solusi, atau dari rentang industri Model ekonomi dan keuangan (20%)Model komersial yang layak dan realistis serta rencana pendanaan Proyeksi keuangan yang realistis untuk pengoperasian usahaRencana yang realistis menuju pendanaan berkelanjutan.

Kekuatan Tim (20%)Anggota tim menunjukkan kemampuan kewirausahaan untuk beradaptasiMenunjukkan pengetahuan dan pemahaman mengenai sasaran masyarakat yang ditujuIdentifikasi yang jelas dari kesenjangan dalam bakat dan pengalaman dan rencana yang realistis untuk menutupi kesenjangan itu.

*Semua pengajuan harus dalam bahasa Inggris

Sumber :http:// socialventurechallenge.asia/bahasa